Content

Struktur IF dalam Pascal

hmmmm....... dah lama nih gag mposting artikel di blog neh, haha kebanyakan tugas luar yg tak bisa di tunda. Ok  menuju ke pokok pembahasan. Pada postingan kali ini ane mau ngasih sedikit tentang IF dari bahasa pemrograman pascal. 


Struktur IF merupakan struktur yg paling lazim dimiliki semua bahasa pemrograman  terutama pascal. Penggunaan if  digunakan untuk mengambil keputusan apabila ada sebuah kondisi yg ditemui. Jika kondisi tersebut bernilai benar, maka pernyataan di dalam struktur if akan dijalankan. Sebaliknya jika bernilai salah, maka struktur if akan diabaikan dan melanjutkan ke pernyataan selanjutnya. Syntax IF nya bisa dilihat langsung gan.


if kondisi then
 begin
  statmen_benar;
 end
else
 begin
  statement_salah;
 end;


catatan nih gan, jika statement-nya lebih dari satu, kita harus menggunakan begin dan end  kalo cuma satu boleh gag pake. tapi kalo ane saranin lebih baik pakai begin ama end


nah contoh programnya ini, kebetulan ane pake turbo pascal 1.5 (TPW 1.5) nih gan


uses wincrt;
var
 n:integer;
begin
 write('Nilai  :');readln(n);
 if n>=70 then
  begin
   writeln('LULUS');
  end
 else
  begin
   writeln('GAGAL');
  end;
end.


segini dulu ya gan. nanti selanjutnya ane mao mposting tentang NESTED IF
OK  ;D
"selalu belajar untuk menuju keSUKSESan"

0 comments:

Post a Comment

Tolong beri komentar kalo ada salah satu dari tulisan saya salah atau berbeda dengan pendapat anda, atau beri saran atau masukan. Thanks ^_^